Menagganti Template Tema Blogger Terbaru

Menagganti Template Tema Blogger Terbaru


Template website adalah gambaran antarmuka dari web yang langsung dilihat oleh pengunjung, apabila template kita kurang menarik maka si-Pengunjung pun merasa tidak betah berlama-lama dengan web kita.

Bagi Kamu yang merasa bosan dengan tema bawaannya blogger, Kita bisa nih meng-custom nya. Lalu bagaimana cara memasang template di blogger?

Tetapi sebelum itu, kita persiapkan dahulu template yang akan kita pasang nantinya di blogger kita. Sekarang blogger tak kalah bersaing dengan CMS terkenal semisal Wordpress, banyak programmer yang udah mengcustom template/tema yang tujuannya memang akan dipasang di Blogger. Salah satunya Mas Sugeng.

Memang banyak yang menyediakan template gratis, tetapi sebaiknya jangan asal mendownload pertimbangkan juga fitur-fitur dari template tersebut. Paling tidak memenuhi kriteria di bawah ini: 
  • Responsive. Untuk mengeceknya kita bisa membandingkan tampilan Desktop dengan Gadget apakah tampilannya masih statis atau justru berantakan jika dilihat melalui Gadget.
  • Cepat Diload. Salah satu primary key dari seorang SEO adalah kecepatan website saat dimuat, jangan sampai membuat pengunjung menunggu waktu lama untuk membuka sebuah halaman dari web kita, sangat membosankan bukan.
  • SEO friendlykenali apa itu SEO?
  • Iklan ready. Jika nantinya blog kita sudah dimonetasi kita tak perlu bingung-bingung untuk menempelkan iklan di blog kita.
  • Meta tag. Bertujuan untuk mengidentifikasi konten blog supaya cepat terindex di search engin. Semakin cepat terindex semakin cepat mudah pula peluang blog kita bisa dimonetasi. Tak ada salahnya jika jauh-jauh hari sudah menyiapkannya.
  • AMP ready. Blog semakin cepat saat diload. Jika kita teliti saat membuka web di Android, jika kita melakukan searching terhadap keyword lalu hasil blog yang ditampilkan terdapat simbol seperti petir, atau pada saat kita klik blog tersebut diatas url-nya jadi ada tambahan amp.namadomain.com/
  • Kompatible disemua web browser. 

Nah, lalu bagaimana cara mengganti template Blogger? Sebenarnya ada dua cara memasang template untuk Blogger. 
  1. Melakukan upload file ‘.xml’
  2. Dengan meng-copy paste di bagian edit html layoutnya. 

Kita bahas cara yang pertama dulu. 
  1. Ekstrak file template yang sudah didownload, lalu pastikan di dalamnya ada file yang berekstensi ‘.xml’ file inilah yang mengandung template dari blogger.
  2. Masuk ke dashboard blogger 
  3. Pilih ‘tema’ 
  4. Pilih ‘cadangkan/pulihkan’ (untuk blogger old version), pilih tanda titik tiga lalu pilih ‘pulihkan’ (untuk blogger new version). Sebelum melakukan langkah ini sebaiknya kita cadangkan dulu template lama. Caranya pilih ‘cadangkan’ 
  5. Pilih ‘upload’ dan selanjutnya cari letak file templatenya lalu pasangkan 
  6. Tunggu sampai muncul tulisan ‘update berhasil disimpan’ 
  7. Setelah itu, sesuaikan tampilan dengan pilih ‘tata letak’. Atur apa saja yang perlu ditampilkan dan apapun yang ingin dinonaktifkan 

Sudah berhasilkah sampai di sini? Apakah ada perubahan pada tampilan blognya? Jika dengan melakukan langkah tetapi belum membuahkan hasil, tenang saja masih ada cara kedua untuk mengganti template di Blogger yakni dengan meng-copy kan seluruh source code dari file ‘.xml’ tadi. Tentu saja kita membutuhkan text editor untuk membukanya.

Jika Sobat user Windows kita bisa menggunakan notepad untuk membuka file ‘.xml’ namun hasil source codenya tidak teratur seperti kita membuka di text editor. Namun tidak masalah yang kita butuhkan di sini hanya source code nya saja. Simak langkah berikut ini. 
  1. Arahkan kursor ke file yang berekstensi .xml (misalkan: templateBlogger.xml). Klik kanan pada file tersebut lalu pilih ‘edit’
  2. Copy semuanya 
  3. Lalu buka dashboard blogger, pilih 'tema' setelah itu pilih tanda titik tiga
  4. Pilih ‘edit HTML’ 
  5. Maka jendela editornya akan muncul, drag semua source code template lama atau bisa juga dengan pencet ctrl+a untuk drag semuanya. Setelah itu, pencet ‘delete’ 
  6. Pastekan source code dari file xml yang kita copykan tadi dari notepad 
  7. Pilih ‘save’ atau simbol disk dipojok kanan bawah dari tampilan Desktop Sobat 
  8. Tunggu sampai mucul ‘update berhasil disimpan’ 
  9. Kembali lagi ke dashboard Blogger Sobat 
  10. Setelah itu, sesuaikan tampilan dengan pilih ‘tata letak’. Atur apa saja yang perlu ditampilkan dan apapun yang ingin dinonaktifkan 

Gimana mudah bukan untuk mengganti template Blogger kesayangan kita. Cuman yang susah itu mencari template yang cocok untuk tema blog kita. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, selamat berkarya. Jika ada kesalahan atau kata yang tidak berkenan mohon dimaafkan, terimakasih. 


Link terkait:
Load comments