Cara menulis frasa islami pada Ms. Word dengan cepat

Cara menulis frasa islami pada Ms. Word dengan cepat


Unicode adalah suatu standar industri yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan dan dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Dikembangkan secara tandem dengan standar Universal Character Set dan dipublikasikan dalam bentuk buku The Unicode Standard.

Unicode mengandung suatu kumpulan karakter, suatu metodologi pengkodean dan kumpulan standar penyandian karakter, suatu kumpulan bagan kode untuk referensi visual, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf kecil, suatu kumpulan data referensi berkas komputer, serta aturan normalisasi, dekomposisi, pembandingan (collation), serta penggambaran (rendering) dikutip dari Wikipedia.

Atau arti lain yang saya simpulkan sendiri unicode merupakan sekumpulan kode yang dienkode dan hanya diketahui artinya oleh komputer yang dikembangkan secara global di seluruh dunia.

Namun dengan kombinasi beberapa tombol seperti alt+x kode-kode yang tadinya tidak dimengerti oleh manusia dapat didekodekan menjadi tulisan yang dapat dibaca dan dipahami artinya oleh user yang mengetikkannya, sehingga dapat mempersingkat kerja dari manusia pada saat pengetikan teks.

Daftar isi:


Penerapan dari unicode dapat dilihat pada Microsof Office Word, dimana user dapat menuliskan kata-kata islami dengan menggunakan kode tertentu. Misalnya penulisan ‘  ’ dapat dituliskan secara cepat. Dengan mengetahui kode dari kata islaminya serta kombinasi alt+x kata-kata islami dapat dimunculkan.

Untuk menuliskan ' ﷴ ’ pada Ms. Word dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Ketik ‘fdf4’ (tanpa tanda petik) lalu pencet tombol alt+x (tahan tombol alt pada keyboard lalu diikuti dengan menekan tombol x),
  2. Setelah memencet alt+x maka huruf yang tadinya ‘fdf4’ akan berubah menjadi ‘ﷴ’.

Lalu kata apa saja yang terdaftar?


Cara di atas hanya salah satu diantara banyak frasa umum dalam bahasa arab, beberapa kode islami dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Islamic unicode

Fdfa

Alt + x

Fdfb

Alt + x

Fdfc

Alt + x

Fdf0

Alt + x

Fdf1

Alt + x

Fdf2

Alt + x

Fdf3

Alt + x

Fdf4

Alt + x

Fdf5

Alt + x

Fdf6

Alt + x

Fdf7

Alt + x

Fdf8

Alt + x

Fdf9

Alt + x


Begitu temen-temen cara penulisan unicode islamic yang ada pada Microsoft Office Word, jika ada kekurangan atau ingin menambahkan kode lainnya yang tentunya belum terdaftar pada tabel boleh dituliskan pada kolom komentar di bawah ya temen-temen. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Referensi:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Arabic_script_in_Unicode
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Unicode
Load comments