Cara memasang kabel front panel CPU, Jangan sampai ketuker posisinya

Cara memasang kabel front panel CPU, Jangan sampai ketuker posisinya


Halo Sobat Teknisi, apa kabar? puji syukur karena kita masih dipertemukan kembali dalam keadaan sehat wal afiat, tentunya dengan postingan artikel berbeda. kali ini akan dibahas mengenai pemasangan kabel front panel pada CPU.

Alasan saya memposting artikel ini karena saya sendiri juga sering lupa saat memasang kabel kecil ini, walaupun kabelnya kecil-kecil namun memiliki fungsi yang vital bagi komputer. Jika salah posisi dalam meletakkannya, bisa-bisa komputer mengalami konsleting.

Maka sesuai alasan di atas, saya menuliskan cara memasang kabel front panel ini khususnya untuk diri saya sendiri dan umumnya untuk temen-temen semuanya supaya juga mengerti dan tau posisi dari masing-masing pin kabel front panel CPU.

Komponen Kabel Front Panel



Berikut beberapa fungsi dari kabel-kabel front panel:
  • Lampu LED Hardisk (HDD LED) berfungsi memberikan tanda aktivitas hardisk, biasanya pada saat hardisk sedang melakukan pekerjaan maka akan ada indikasi lampu yang menyala.
  • Lampu LED Power (Power LED) berfungsi menghidupkan lampu pada power komputer saat komputer dinyalakan.
  • Tombol Reset (Reset SW) berfungsi menghubungkan tombol reset atau restart pada casing di bagian depan.
  • Tombol Power (Power SW) berfungsi menghubungkan tombol power pada casing di bagian depan (untuk menghidupkan PC).

Cara Pemasangan Kabel Front Panel


Petunjuk pemasangan kabel Front Panel biasanya sudah ada pada buku manual Motherboard. Lalu bagaimana jika kita membeli MoBo Second yang tidak dibekali dengan manual book?

Tapi, sekarang hampir semua motherboard menggunakan standar yang sama dalam pemasangan pin kabel. Berikut ini adalah susunan pemasangan kabel front panel:


Keterangan:
  • Terkhusus untuk Power LED dan HDD LED, Kabel negatif ditandai dengan warna hitam atau putih, positif merupakan kabel yang ditandai dengan warna selain hitam/putih.
  • Untuk Reset SW dan Power SW, pemasangannya bisa dibolak balik (tidak mengenal +/-)

Penutup


Begitu temen-temen cara pemasangan kabel front panel pada motherboard agar fungsi tombol casing depan dapat berfungsi dengan baik dan maksimal.

Jika masih memiliki pertanyaan bisa dituliskan di kolom komentar, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba
Load comments