Cara Mengganti Favicon Default Blogger

Cara Mengganti Favicon Default Blogger


Dalam dunia Blogging terdapat istilah seperti title, head, meta tag, recent post, tag cloud dan ada banyak lagi komponen yang harus kita ketahui untuk memperlancar dalam menguasai strategi dunia blogging. Yang tentunya tujuan dari langkah tersebut adalah menyusun strategi khusus membuat pengunjung blog semakin nyaman dan mendapat apa yang mereka cari saat berkunjung di blog yang kita buat.


Salah satu diantara istilah dalam blogging yaitu ‘Favicon’ atau favorit icon merupakan gambar kecil yang berada di samping title pada website, meskipun kecil fungsinya sangatlah penting bagi sebuah web. Favicon berfungsi sebagai salah satu tanda pengenal ‘branding’ selain nama domain dari sebuah web. Biasanya favicon dibuat semenarik mungkin karena ini merupakan identitas dari web tersebut. Ukuran dari favicon biasanya 32x32 pixel sedangkan untuk tipe filenya ‘.png’ karena bentuknya yang bujur sangkar sangat memungkinkan menggunakan background transparant dalam pembuatannya sehingga format dari favicon biasanya ‘.png’.


Sebenarnya setelah kita membuat blog di Blogger kita sudah memiliki tampilan favicon default. Dan kita tidak bisa memilih atau mengganti tampilan favicon tersebut saat pertama kali membuat blog. Tetapi kita bisa kok untuk mengganti tampilan favicon tersebut supaya sesuai dengan tema dari blog kita.


Membuat favicon juga tidak sulit, jika kita mau membuat sendiri pun bisa. Yang kita butuhkan hanya software seperti paint. Namun jika mengharapkan hasil yang bagus tetap gunakan software yang memang khusus untuk desainer.

Dalam postingan kali ini akan saya pecah menjadi 3 langkah kerja, diantanranya:

  1. Membuat desain favicon
  2. Menggenerate ukuran secara otomotis (online)
  3. Memasang favicon di blogger


Bagaimana Cara Membuat Desain Favicon?

Jika Sobat user Windows dan sudah menginstal Photoshop atau Corel langsung saja buat dokumen baru. Di sini Saya contohkan menggunakan Crel Draw

  1. Buka ‘new document’
  2. Lalu atur ukuran page menjadi 200x200 pixel supaya bentuknya nanti bujur sangkar
  3. Buat model desain sesuai keinginan Anda. Untuk membuat properti gambar berada tepat di tengah-tengah pencet ctrl+p
  4. Klik ‘File’
  5. Pilih ‘export’
  6. Pilih formatnya .png lalu klik save

Bagaimana Cara Membuat Favicon Menjadi Kecil dan Cocok Disemua Web Browser?

Jika langkah desain sudah selesai, maka kita perlu menggenerate file tadi supaya kompatibel dengan web browser, kita gunakan tool tambahan namanya Favicon & App IconGenerator . Simak langkah berikut ini yaa
  1. Buka link favicon-generator
  2. Lalu klik ‘pilih file yang akan dipilih’
  3. Biarkan settingan default dari favicon generator, atau jika Sobar ingin menggenarate hanya untuk ukuran 16x16 pixel juga bisa
  4. Setelah itu pilih ‘create favicon’
  5. Maka secara otomatis akan mendownload file zip
  6. Sampai disini proses generate favicon selesai


Bagaimana mengganti favicon ke blogger? 


  1. Ekstrak file zip download favicon tadi
  2. Cari file yang bernama ‘favicon-32x32.png’
  3. Masuk dashboar blogger
  4. Apabila versi dashboard Sobat adalah yang terbaru maka diperlukan kembali ke vresi blogger lama terlebih dahulu. Caranya cari ‘kembali ke blogger versi lama’ maka setelah itu pilih ‘tata letak’. Jika versi dashboardnya versi lama maka langsung saja pilih ‘tata letak’.
  5. Cari layout yang bernama ‘favicon’ lalu klik ‘edit’
  6. Setelah itu akan muncul jendela pop-up, lalu klik ‘pilih file’ dan cari lokasi dimana file favicon tadi disimpan
  7. Pilih file yang bernama ‘favicon-32x32.png’
  8. Setelah itu pilih ‘simpan’
  9. Buka salah satu postingan web Sobat, apakah sudah berganti tampilan faviconnya atau belum. Jika masih sama, cobalah untuk menghapus data jelajah browser Sobat lalu reload website lagi.

Kira-kira begitu Sobat cara memasang favicon di Blogger, tutorial di atas adalah cara yang sudah saya aplikasikan langsung pada blog saya jika Sobat mempunyai cara yang lebih efisien silahakan tulis di kolom komentar. Jika ada salah kata atau ada kalimat yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Terimaksih dan selamat mencoba semoga sukses.

Load comments