Belajar Bareng Mengulas SEO

Belajar Bareng Mengulas SEO


Halo temen-temen apa kabar? Semoga baik-baik saja ya, dalam postingan kali ini akan membahas hal baru mengenai SEO (Search Engine Orptimization) atau lebih singkatnya cara membuat blog mendapatkan trafik yang banyak dari Google.

Sebenarnya saya juga baru mengenal apa itu SEO dan tidak begitu paham betul. Tetapi setidaknya sedikit memberikan tips supaya pengunjung blog tidak sepi. Yang saya paparkan bukanlah cara yang pasti berhasil membuat blog jadi rame pengunjung tetapi hal itu juga tergantung kepada semangat belajar dan berkreasi pemilik blog untuk menciptakan ide-ide baru sehingga pengunjung tidak merasa bosan dengan artikel yang dibacanya.

Yuk kita belajar bareng-bareng tentang tips SEO untuk blog baru.

Memaksimalkan gambar dalam sebuah postingan


Keberadaan gambar dalam sebuah postingan dapat mewakilkan inti dari dari postingan tersebut, selain itu keberadaan gambar juga mempertegas langkah kerja disetiap tips yang dijelaskan.


Lalu bagaiman jika menggunakan web hosting yang mempunyai storage kecil?


Memang dalam layanan web hosting kita diberi batasan salah satunya media penyimpanan jika ingin space yang lebih besar kita harus merogoh kocek yang lebih dalam.Kita harus cerdik dalam menentukan langkah mana yang harus disertai dengan gambar. Atau juga bisa menggunakan tool kompres gambar seperti postingan berikut ini: tool online untuk mengubah ukuran size gambar.


Membuat konten yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca


Sebuah tulisan dikatan bermanfaat apabila kita menemukan apa yang kita cari di dalam aritkel tersebut. Sebelum membuatnya, pastikan tema yang diangkat bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan memberikan informasi yang memang mereka butuhkan.


Sebisa mungkin menjelaskan secara rinci langkah demi langkah saat proses penulisan agar artikel yang dihasilkan benar-benar dapat dipahami. Buat artikel secara lengkap dan tepat yang bisa menjawab pertanyaan pembaca jangan menulis artikel dengan hanya menggunakan satu referensi agar konten lebih berbobot.


Google meluncurkan Google BERT yang lebih memprioritaskan artikel yang mengedepankan kualitas konten. Algoritma yang dimiliki Google BERT mampu memahami konteks pencarian dan konten seperti apa yang cocok untuk disajikan dengan lebih akurat.


Mengangkat topik yang masih fresh


Banyak dari para blogging pemula yang hanya memposting ulang konten dari blog yang memang sudah memiliki indeks tinggi di Google, saya pun juga pernah melakukannya. Dengan tujuan bisa berada di indeks teratas tetapi yang ada malah menumpuk di bawah hasil pencarian. Memang bagi blog besar mereka sudah memiliki peringkat tinggi yang tentunya jika mereka memposting apapun tetap berada di indeks nomer satu.


Angkat topik yang bisa berumur panjang salah satunya dengan membuat konten dengan awalan ‘cara membuat ....’ suatu saat pasti akan dicari lagi oleh pengguna mesin pencari. Gunakan kreativitas dan ide sendiri dalam memposting artikel, sehingga pembaca menjadi ingin tahu lebih tentang website yang Soabt bangun.


Membuat Subjudul pada konten


Konten yang berkualitas dapat dilihat dari penjelasan topik yang dimuat secara rinci sampai ke bagian subjudulnya sehingga membuat konten mudah dipahami dan bermanfaat. Hal yang perlu menjadi perhatian, jangan menuliskan seluruh isi artikel dalam satu postingan penuh. Buatkan beberapa subjudul untuk membuat konten tidak membosankan


Selain itu, pemberian subjudul juga memudahkan crawler mesin pencari dalam merayapi dan memahami isi konten, sehingga bisa disajikan dengan lebih akurat ke pengguna mesin pencari.


Jadikan Blog Enak Dilihat di Desktop Maupun Smartphone


Seperti yang diketahui sekarang jumlah pengguna gadget di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat, bahkan data dari kominfo mencatat jumlah gadget di Indonesia melebihi jumlah penduduknya sekarang ini.


Tidak menutup kemungkinan jika sebagian besar orang membuka website melalui gadget. Jika blog yang kita buat tidak ramah pada tampilan ponsel, maka pembaca bisa saja merasa tidak nyaman.


Gunakan fitur-fitur seperti kustomisasi tema untuk mendukung supaya blog Sobat menjadi mobile friendly, atau jika Sobat menggunakan Blogger sudah disediakan fitur untuk mengatur tampilan blog jika dibuka lewat ponsel.


Selain dari segi desain blog, kita juga harus memperhatikan kecepatan loading website saat dibuka untuk pengguna ponsel.


Maka dari itu, mementingkan pengguna ponsel terlebih dahulu adalah yang utama jika tampilan dan kecepatan load blog sudah bagus saat dibuka lewat ponsel barulah kita merencanakan tampilan untuk desktopnya.


Gunakan plugin


Bagi yang menggunakan CMS Wordpress bisa Sobat pilih ‘Yoast SEO’ dan cara mendapatkannya pun gratis. Untuk versi yang gratis memili batasan dalam fitur-fiturnya tetapi sudah sangat membantu dalam hal SEO untuk blog kita.


Plugin ini menyarankan untuk menambahkan keyword yang cocok dan benar. Dengan bantuan plugin tersebut, dapat menentukan judul yang tepat, sudah mengandung meta description dan masih banyak fitur-fitur yang bisa didapat jika menggunakan plugin yang satu ini.


Atur penggunakan permalink blog


Permalink adalah alamat url yang ditujukan untuk membuka konten, sebagai contoh: teknisiserbabisa.com/2020/contoh-permalink


Untuk pengguna Blogger bisa mengaturnya saat akan memposting artikel baru, lihat disisi kanan area penulisan artikel



Namun, jangan sekali-kali mencoba mengubah permalink yang sudah ditetapkan apalagi kalau sudah terindeks di Google bisa-bisa nanti artikel yang dibuat nantinya tidak bisa dibuka melainkan akan muncul peringatan error 404 not found peringatan ini dapat dibaca dengan arti bahwa url yang dicari tidak ditemukan atau sudah dihapus.


Periksa SEO yang ada dalam postingan


Jangan pernah gunakan kata kunci terlalu banyak dalam sebuah artikel. Selalu utamakan postingan yang relevan dengan judul yang sudah dibuat. Buat pengunjung nyaman dan mengerti apa yang sedang dibahas.


Aktifkan HTTPS


Kemanan sebuat website merupakan salah satu cara untuk membangun kepercayaan terhadap pengunjung. Apabila data yang diberikan pengunjung tidak aman atau rentan terhadap cyber crime maka pengunjung akan merasa ketakutan saat membuka blog kita.


Selain kemanan lalu lintas trafik data, Https juga bisa meningkatkan performa peringkat terindeks di sistem pencarian Google.


Jika kita pernah membuka sebuah website baik itu di browser apapun pasti pernah mengalami sertifikasi http tidak aman. Ditandai dengan muncul tampilan situs berbahaya, apakah tidak mengerikan jika website kita seperti itu.


Maka dari itu, jika website Sobat belum ada setifikasi SSL segera hubungi penyedia layanan web hosting yang digunakan oleh Sobat. Jika sudah ada tetapi belum diaktifkan maka segera untuk diaktifkan karena untuk keamanan lalu lintas data supaya terhindar dari cyber crime.


Lakukan riset serta gunakan kata kunci


Setelah menentukan topik apa yang dibahas, langkah selanjutnya adalah menentukan kata kunci di dalam artikelnya. Lakukan cara ini tidak hanya di satu artikel saja tetapi juga disemua artikel yang Sobat buat. Dengan begitu artikel akan dengan mudah muncul dalam indeks Google.


Bagi pengguna Chrome disarankan instal ekstensi SEO QUAKE


Salah satu keuntungan bagi pengguna chrome suudah disediakan ekstensi yang khusus untuk SEO. Bagi Sobat Blogger sangatlah membatu dalam pengembangan blognya karena perlakuan Blogger sangat berbeda dengan Wordpress yang bisa menginstall beberapa plugin dalam cms nya.


Baca juga: Ekstensi Google Chrome Jadikan Chrome Semakin Usefull dan Keren


Ekstensi ini bisa melacak berapa peringkat indeks blog di Google dan beberapa search engine lainnya, tool untuk mencari keyword dan sebagainya. Maka sangat disarankan untuk menginstall ekstensi ini.


Penutup


Itulah beberapa tips yang sudah kita pelajari bersama pada postingan kali ini. Semoga dapat membantu dalam pengembangan blog dan konten artikel di dalamnya. Sharing hal-hal yang baru supaya menambah wawasan dan bermanfaat bagi orang lain juga. Jika ada kurang atau lebihnya mohon dimaafkan, selamat mencoba. Terimakasih

Load comments