Ekstensi Google Chrome Jadikan Chrome Semakin Usefull dan Keren

Ekstensi Google Chrome Jadikan Chrome Semakin Usefull dan Keren

Halo Sobat Teknisi, semoga semua baik-baik saja ya? Terimakasih masih setia membaca pada blog Kami, sekiranya bacaan ini menarik boleh untuk memberikan link blog ini kepada teman lainnya untuk bahan referensi.

Pada kesempatan kali ini akan dibagikan mengenai ekstensi untuk Google Chrome supaya menjadi lebih keren dan usefull. Banyak diantara ekstensi yang saya tuliskan di sini merupakan ekstensi gratisan tetapi fungsinya mendekati pro. Kita dapat menjumpainya beberapa ekstensi ini di Chrome Web Store.

Cara melihat ekstensi yang terinstal di Chrome kita bisa membukanya lewat Url berikut ini: chrome://extensions/

Berikut Ini Beberapa Ekstensi yang Bisa di Instal pada Chrome


1. Awesome Screenshot & Screen Recorder

Yang pertama adalah ekstensi yang bisa digunakan untuk men-screen shot tampilan website atau melakukan recording tampilan website. 

Fitur yang menurut saya keren dari ekstensi ini adalah dapat melakukan screenshot panjang yang bisa mengcapture seluruh tampilan website mulai dari header hingga footernya. Lalu setelah kita mengambil gambarnya kita juga bisa melakukan editing terlebih dahulu sebelum kita menyimpan pada direktori komputer.


Agak serem nih ekstensinya, Untuk ekstensi yang kedua ini fungsinya untuk mengedit cookie yang tersimpan pada web browser.

Kita bisa saja membuat cookie nya seolah-olah kita sedang berseluncur di internet menggunakan ponsel android padahal pada kenyataannya kita menggunakan komputer. Khusus ekstensi yang satu ini jangan disalah gunakan ya Sobat gunakan untuk kepentingan developing atau hal lain jangan untuk merugikan orang lain.


Lanjut ya ke ekstensi yang ketiga, kali ini jika Sobat seorang desainer atau developer frontend ekstensi ini sangat cocok untuk di instal. Kegunaanya untuk mencari tau kode warna dari setiap elemen teks atau gambar. Bisa juga untuk mencari kode warna dari direktori lokal, tetapi kita harus membukanya terlebih dahulu lewat chrome.

Untuk cara menggunakan ekstensi cukup simpel, caranya dekatkan kursor dengan warna yang ingin diketaui kode hexsadesimal nya setelah itu klik. Maka akan muncul kode dari warna yang dipilih tadi.


CSS atau Cascading Style Sheets merupakan dokumen yang berisi kode-kode untuk mempercantik tampilan website. Lagi-lagi ekstensi ini cocok bagi developer frontend atau bisa juga bagi Sobat yang sedang belajar progaramming cara membuat CSS yang baik dan cocok sesuai kebutuhan website.

Caranya kita hanya mendekatkan kursor pada bidang yang ingin kita lihat pengaturan CSSnya, dari situ nantinya akan muncul sebuah kotak baru yang menampilkan tag class atau id bebeserta value CSSnya.


Ekstensi ini digunakan untuk melihat infrastruktur yang digunakan pada website atau blog. Apa saja yang ditampilkan? bisa dari jenis Web Server yang digunakan bahkan kita juga bisa melihat CMS yang dipakai di website tersebut.

Tetapi tidak semua website bisa kita lihat infrastrukturnya ya, setidaknya kita bisa melihat dan menjadikan referensi jika suatu saat ingin membangun sebuah website.


Bagi Sobat hunter Font bisa memanfaatkan ekstensi WhatFont, kita dapat dengan mudah mencari nama font dengan cara klik teksnya.

WhatFont diperkaya dengan referensi font dari Support Typekit dan Google Font API. Jika mau instal ekstensi ini langsung saja klik pada judul di atas.


Bagi Sobat yang mempunyai Blog ekstensi ini dapat menginstallnya, terdapat banyak tools SEO didalamnya. Ekstensi ini gratis, sangat mudah digunakan, dan memiliki dukungan update.

Sejauh ini sudah ada tiga juta unduhan untuk SEOQuake, berikut ini beberapa tools SEO yang dibawa:
  • Ranking website di beberapa Search Engine
  • Alexa rank
  • Keyword Search
  • Backlink
  • Membandingkan dengan Url lainnya
  • Cek mobile compatibility
  • dan banyak fitur lainnya

Bagi Sobat yang suka Coding website, kita bisa menggunakan ekstensi ini. Fungsinya untuk men-screenshot baris kode yang kita buat.

Cara menggunakannya, kita harus membuka ekstensinya dulu, lalu kita copas kode yang akan discreenshot. Di dalamnya juga terdapat filter untuk mempercantik tampilan kode.


Tool ini digunakan untuk mendeteksi perangkat dari produk Ubiquiti. Caranya kita harus satu network dengan perangkat terlebih dahulu. Nantinya dengan tool ini akan melakukan scanning perangkat, lalu muncul device properties dan IP yang digunakan.

Jika tertarik dengan ekstensi ini langsung saja instal dengan klik judul di atas ya Sobat.

Baca juga: Cara mengetahui IP dari Perangkat Ubiquiti LiteBeam Menggunakan Chrome



Jika ingin mempercantik tampilan Chrome mungkin ini ekstensinya, jika saat kita membuka new tab otomatis akan muncul Wallpaper, indikator jam, pemberitahuan Suhu, pencatatat kegiatan, dan banyak lainnya. Keren dah pokoknya wallpapernya juga bisa berubah ubah setiap saat. Yang bikin greget ada kata-kata motivasinya. Silahkan instal ekstensinya dengan cara klik pada judul di atas.

Penutup

Begitulah artikel untuk "Ekstensi Google Chrome Jadikan Chrome Semakin Usefull dan Keren" jika tertarik dengan beberapa ekstensi bisa menginstallnya. Semua ekstensi yang ada di sini adalah gratis, semoga bermanfaat.
Load comments