Tips menentukan tempat hosting

Tips menentukan tempat hosting


Halo temen-temen apa kabar? Semoga semuanya baik-baik saja ya, pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai tips saat memilih penyedia jasa website (domain dan web hosting).

Di zaman modern saat ini ingin memiliki sebuah website sendiri tidaklah sesulit seperti dahulu. Tidak perlu lagi harus mengerti dan paham tentang bahasa pemrograman khususnya HTML, CSS, JavaScript atau istilah-istilah teknis yang mungkin belum pernah kita dengar sama sekali, baru denger aja sudah pusing, Wkwkwk.

Fokus,

Enggak perlu lagi harus bayar berjuta juta untuk membeli sebuah web hosting (tempat penyimpan data website) atau jasa para programmer. Kini, membangun website bisa dilakukan sendiri, murah dan hanya dalam hitungan waktu jam saja.

Kira-kira kita hanya butuh dana sebesar Rp. 176.000 (untuk membeli nama domain selama satu tahun) dan semangat untuk terus belajar. Sekarang ini sudah banyak website yang membahas tentang cara membuat website secara gratis. Ada banyak artikel atau bahkan video yang tersebar di internet yang bisa kita manfaatkan sebagai salah satu referensi untuk membangun website kamu.

Daftar Isi:


Apa yang dibutuhkan untuk membangun website?


Pertama yang dibutuhkan adalah domain, apa itu domain? Sudah diabahas pada postigan sebelumnya, bisa dicek di sini. Biaya Rp. 176.000 tadi untuk membeli nama domain website kita nantinya. Lalu apa lagi yang dibutuhkan? Yang kedua adalah web hosting, untuk web hosting kita bisa menggunakan yang gratisan saja, bisa memanfaatkan layanan web hosting milik Blogger. Jika kedua komponen tersebut sudah terpenuhi maka website pun siap untuk dibangun dan mulailah belajar untuk konsisten dalam menulis artikel.


Domain


Kamu bisa beli domain dimana saja karena saat ini sudah banyak perusahaan penyedia layanan web hosting di Indonesia, tetapi pada saat ingin membeli domain sebaiknya memperhatikan beberapa point berikut ini:

  1. Beli domain yang terdaftar resmi Asosiasi pengelola domain (ICANN). Tentunya karena domain sudah terjamin memiliki sertifikat yang diakui secara global dan mudah dipindahkan suatu saat nanti jika Sobat ingin berpindah ke penyedia domain lain.
  2. Memiliki fitur DNS Management (wajib). Tujuannya agar domain yang sudah dibeli dapat diarahkan kemana saja.
  3. Memiliki fitur Whois ID Protection(ada yang gratis dan ada yang berbayar). Tujuannya untuk melindungi indetitas dan informasi privasi pemilik domain sehingga email Sobat tidak menerima spam.

Web hosting


Web hosting adalah tempat dimana file-file atau data dari website disimpan, didalamnya bisa berupa script html, video, gambar, dan lain-lain. Web hosting dapat diibaratkan sebagai rumah untuk meletakkan barang-barang kita, sedangkan domain adalah alamat rumah agar orang lain tahu dimana letak rumah kita berlokasi.


Web hosting bisa dibagi menjadi dua, web hosting berbayar dan web hosting gratis. Layanan berbayar bisa kita dapatkan dengan sistem sewa per bulan dengan mematok harga berbeda-beda tergantung paket layananan yang dipilih nantinya. Bayak perusahaan web hosting saat ini di Indonesia kita dapat membandingkan dari segi layanan dan harga yang dipatok.


Dalam memilih web hosting berbayar sebaiknya memperhatikan beberapa point di bawah ini:

  1. Paket hosting yang ditawarkan. Paket hosting biasanya menyajikan domain dan web hosting dalam sekali bayar dalam jangka waktu setahun (tergantung kebijakan perusahaan masing-masing). Perbedaan harga nampak pada fitur-fitur yang diberikan, semakin mahal harga sewa maka semakin banyak pula fitur yang didapat.
  2. Harga hosting & mungkin adanya biaya tersembunyi. Lihatlah perincian dari fitur-fitur yang disediakan terkadang ada fitur yang pada halaman mukanya ditulis gratis tetapi pada saat ingin checkout disitu tertulis gratis dengan jangka waktu tertentu, jika ingin fitur tersebut ada selamanya maka kita disuruh untuk membayar biaya tambahan.
  3. Bahasa atau klaim yang digunakan (seperti 100% uptime, unlimited storage dan bandwidth). Hal ini penting karena server yang kita harus online 24 jam non-stop apabila server mengalami down maka akan kestabilan website. Sekarang sudah ada website yang menyajikan data dari beberapa perusahaan web hosting. Kita bisa mengambil data laporan hasil uji coba yang sudah dilakukan serta dapat membandingkan mana web hosting yang terbaik, Sobat bisa mengunjungi penasihathosting sebagai salah satu referensinya.
  4. Garansi yang ditawarkan (ada beberapa penyedia hosting populer yang tidak memberikan garansi sama sekali). Terkadang syarat dan ketentuan dari beberapa penyedia jasa web hosting berbeda tergantung kebijakan perusahaan masing-masing, harap teliti saat membaca syarat dan ketentuan uang kembali (garansi).
  5. Ketersediaan layanan support (live chat, tiket, phone - apakah tersedia 24/7). Sangat diperlukan jika kita memiliki pertanyaan atau kebingungan saat terjadi masalah, karena itu ketersediaan layanan support sebaiknya online 24 jam yang dengan senang hati membantu member dalam mengatasi kesulitan.

Penutup


Begitu temen-temen hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan hosting, jangan hanya tergiur karena harganya yang murah teteapi perhatikan juga layanan yang diberikan serta ketentuan kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan hosting tersebut.  Semoga sukses dalam membangun websitenya ya Sobat tetap produktif dalam menulis artikel online.


Jika masih memiliki pertanyaan seputar artikel hari ini silahkan dokomen di kolom komentar. Terimakasih.

Load comments