Bingung menentukan nama Domain? Simak tips berikut ini

Bingung menentukan nama Domain? Simak tips berikut ini


Bagi Sobat SMK terutama jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pastinya sudah pernah dipelajari apa itu domain, pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada temen-temen apa itu domain dan tips memilih nama domain untuk website kita sesuai apa dengan apa yang saya ketahui, sebelumnya apabila ada saran ataupun koreksi untuk saya bisa dimasukkan pada kolom komentar.

daftar isi:


Apa itu Domain?


Dalam dunia internet mestinya sering berjumpa dengan ‘domain’ semua website yang ada di internet pasti memiliki domain sebagai contoh: www.teknisiserbabisa.com adalah nama domain yang sudah terdaftar di Google dan apabila sobat mengetikkan alamat domain tersebut dalam web browser maka akan diarahkan ke blog yang Sobat buka saat ini.


Domain merupakan sebuah alamat yang ada di dunia internet, fungsinya sama seperti alamat dalam dunia nyata. Domain mentraslasikan alamat IP sebuah host untuk memudahkan  pengunjung mengingat alamat dari host tersebut.


Semua yang terhubung dengan internet pasti memiliki alamat IP (Internet Protocol), dimana setiap host memiliki nomor pengalamat IP berbeda-beda antara host satu dengan host yang lainnya. Saya misalkan facebok.com yang memiliki IP (misalnya: 123.456.789.123) untuk dapat membuka halaman facebook.com haruslah mengetikkan 123.456.789.123 pada web browser lalu akan ditampilkan halaman login user facebook.


Tetapi dalam Internet terdapat banyak IP yang tersebar di seluruh dunia, bayangkan berapa banyak pengguna internet di seluruh dunia dan mereka memiliki IP masing-masing untuk dapat saling berkomunikasi. Maka dari itu, domain berfungsi menerjemahkan alamat IP menjadi nama yang mudah diingat. Jadi saat kita ingin membuka sebuah website kita hanya perlu mengingat nama unik dari setiap domain tanpa perlu repot-repot mengetahui berapa alamat IPnya.


Sampai disini apakah sudah mengerti apa itu domain? Semoga apa yang saya sampaikan mudah untuk dipahami.


Apa Saja Jenis-jenis Domain?


Secara umum domain terdiri dari tiga jenis, yakni :


Generic Domains (gTLDs) atau Top Level domain


Generic Domains (gTLDs) atau biasa disebut juga Top Level Domain, top level domain itu sendiri adalah domain langsung dibawah root (titik belakang nam domain) dan tidak berdasarkan negara sehingga siapapun dapat mendaftar.


Berikut contoh-contoh dari Top Level Domain :

  1. .com :digunakan untuk keperluan komersial.
  2. .biz : digunakan untuk keperluan bisnis.
  3. .edu :digunakan untuk keperluan pendidikan.
  4. .info : digunakan untuk keperluan informasi.
  5. .name : digunakan untuk keperluan web pribadi.
  6. .net : digunakan untuk keperluan internet.
  7. .org : digunakan untuk keperluan organisasi.
  8. .pro : digunakan untuk keperluan profesional.
  9. .tv : digunakan Untuk Pertelevisian

Country Specific Domains (ccTLDs) atau Second Level Domain


Country Specific Domains (ccTLDs) atau biasa disebut juga Second Level Domain, second level domain itu sendiri adalah domain yang berakhiran dengan dua huruf ekstensi dan dioperasikan di masing-masing negara, berada dibawah top level domain. Second Level Domain ini berarti sesuai negara anda, saat anda di Indonesi maka inilah domain yang tersedia.


Berikut contoh-contoh dari Second Level Domain:

  1. .ac.id :   bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi
  2. .co.id :   bagi organisasi komersial
  3. .or.id :    bagi organisasi selain organisasi
  4. .net.id :   bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi
  5. .web.id:  bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.
  6. .sch.id :  bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  7. .go.id :   digunakan khusus bagi instansi pemerintah
  8. .mil.id : digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
  9. .war.net.id : digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Third Level Domain


Third Level Domain adalah bagian dari nama domain website yang terkait dengan SLD (Second Level Domains). Domain ini biasanya ditemukan di sebelah kiri SLD dan sering disebut sebagai subdomain.

Sebagai contoh, jika Sobat ingin membuat Third Level Domain untuk blog perusahaan, maka nama domain Anda akan terlihat seperti “blog.website.com”. Dalam domain tersebut, kata “blog” berperan sebagai Third Level Domain. Third Level Domain biasanya digunakan untuk merujuk ke server tertentu dalam suatu perusahaan.


Lalu Tipsnya apa dalam Menentukan Nama Domain?


Buat nama domain yang unik


Beberapa sumber juga menyebutkan jika sebuah nama domain semakin pendek semakin baik, karena jika semakin sedikit kata yang digunakan akan semakin mudah diingat oleh seseorang. tetapi yang paling terpenting ialah sebuah domain haruslah menarik dan unik. Disarankan buat karakternya maksimal 15 karakter, itu sudah cukup panjang  namun kembali lagi jika nama domainnya unik tidak menjadi masalah walaupun namanya panjang  dan usahakan tanpa menggunakan tanda penghubung seperti tanda minus (nama-domain.com) jika pengunjung salah atau kurang dalam menuliskan domain bisa-bisa nanti akan diarahkan ke halaman error 404 not found.


Nama domain adalah sebuah brand


Sebelum menentukan nama domain Sobat harus menentukan topik website tersebut akan mengulas tentang apa. Domain merupakan jiwa dari sebuah website jadi apa yang ditampilkan dalam nama domain dapat mewakili dari isi konten website tersebut.


Saya ambil contoh Sobat ingin membuat website yang mengulas tentang komputer, Sobat bisa menggunakan nama-nama yang berhubungan dengan komputer sebagai nama domain website Sobat. Jadi jika seseorang ingin mencari sesuatu yang berhubungan dengan komputer dalam mesin pencari akan ingat dengan website Sobat dan langsung menuju website tersebut.


Pikirkan secara jangka panjang


Hal ini berkaitan dengan konten-konten dalam website yang akan diposting nantinya. Jangan sampai pada pertengahan nanti tiba-tiba muncul untuk mengganti tema blog. Maka hal ini akan merugikan Sobat sendiri, rugi dalam waktu, pikiran, serta dapat menguras budget Sobat karena kita memiliki domain itu menggunakan sistem sewa. Kita harus berprinsip setia pada nama domain yang sudah kita pilih, tidak perlu terburu-buru dalam penentuannya, perbanyak membaca beberapa refenrensi juga sangat membantu dalam kesuksesan penetuan nama domain karena  gonta ganti nama domain sangat tidak dianjurkan.


Pilih jenis domain yang cocok


Buatlah planning tujuan Sobat membuat website, apakah untuk membuat toko online, atau hanya sekedar menuangkan hobi menulis. Hal ini juga berpengaruh dalam penentuan nama domain.


Banyak jenis-jenis akhiran domain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kebanyakan website komesial umumnya menggunakan akhiran .com karena akhiran domain ini dinilai yang paling universal diantara akhiran domain lainnya. Kembali lagi kepada tujuan dalam membangun sebuah website.


Akhiran sebuah website hanyalah sebagai bumbu pemanis dalam penentuan domain, bandingkan ekstensi .com dan .net yang sama-sama sudah terkenal secara global. Semua website adalah baik cuman ada yang kontennya kurang menarik, jadi penilaian baik dan kurang baik sebuah website bisa dinilai dari isi konten yang dibahas di dalamnya. Nama domain hanyalah jembatan untuk meraih kesuksesan dalam ngeblogging.


Tetapi ada beberapa website yang sebaiknya menggunakan akhiran nama domain khusus untuk lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Misalnya webiste toko online sebaiknya menggunakan akhiran .store jika membuat website untuk PT atu CV sebaiknya menggunakan akhiran .co.id hal ini bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat terhadap website tersebut.


Penutup


Dalam penentuan nama domain sebaiknya tidak tergesa-gesa, perbanyak melakukan riset terhadap topik yang akan dibahas nantinya serta gunakan akhiran domain yang cocok dengan karakteristik websitenya, misal jika website yang dibangun web sebuah organisasi menggunakan akhiran .org dan lain sebagainya.


Begitu temen-temen tips dalam menentukan nama domain. Sebenarnya masih banyak tips yang lainnya yang belum dituliskan dalam postingan kali ini. Apabila Sobat ingin menambakan boleh dituliskan di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat selamat bereksperimen, terimakasih.

Load comments