Reset Tampilan Blogger Sebelum Mengganti Tema yang Baru

Reset Tampilan Blogger Sebelum Mengganti Tema yang Baru

Halo temen-temen apa kabar? Semoga semua baik-baik saja ya, dalam postingan kali ini akan dibahas tutorial mereset tampilan blog pada Blogger.

Sebelumnya Blogger memang sudah menyediakan tampilan blog berbagai tema sesuai dengan Nice blog kita masing-masing. Ada tema yang cocok untuk blog traveling atau blog yang memang didalamnya ditujukan hanya untuk sekedar menulis jurnal kegiatan, semua sudah lengkap dan tentunya gratis.

Mungkin bagi yang sudah beberapa bulan atau bahkan tahun dalam dunia blogger rasanya kurang menarik jika hanya menggunakan tampilan yang disediakan dari Blogger tadi. Tentu saja karena modelnya masih terlalu kaku untuk kaum millenial, tetapi pada jaman terdahulu sekitar tahun 2008 ke bawah menggunakan tema-tema bawaan dari Blogger sudahlah sangat keren.

Sisi baiknya Blogger juga membuka peluang jika seorang Blogger ingin mengganti tampilan website miliknya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Tentunya kita harus melakukan customisasi pada tema tersebut apakah mau membuat sendiri atau menggunakan tema yang sudah ada, bisa menggunakan jasa tema gratisan ataupun premium alias berbayar. Pada kesempatan yang lalu juga sudah dibahas cara mengganti tema pada Blogger.

Sedikit cerita pengalaman trouble saat mengganti tema Blogger


Jika Sobat pernah menerapkannya atau hanya untuk sekedar mencoba kecocokan tema dengan style kita maka saya sarankan untuk berhati-hati, kenapa? Karena beberapa layout bawaan tema sebelumnya itu masih tertempel pada tema kita saat ini yang baru saja kita rubah. Loh kobisa? Menurut pengalaman pribadi saya waktu itu sedang gonta ganti tema blog maklum masih tahap adaptasi. Niat saya ingin mengubah tampilan blog menjadi semakin keren dan kekinian, eh ternyata blog saya malah semakin berat saat loading dan ada beberapa tampilan yang malah menjadi berantakan.


Terus saya cek pada tampilan ’layout’ dan benar bekas layout dari bawaan tema lama saya ternyata masih menempel dan itu sangat menggangu kestabilan blog saya seperti yang dijelaskan di atas tadi.


Baca juga: Cara mengambil gambar yang ada di dalam dokumen Microsoft Word


Akhirnya setelah mencari kemana-mana dan sempat mau hapus blog ini, tapi pikir-pikir dulu jumlah pageview udah lumayan ko mau dihapus?, eaakk ^_^


Akhirnya saya temukan cara untuk mereset tampilan, agar saat kita akan mengubah tema atau tampilan pada blog, layout yang lama tidak ikut menempel lagi di tema yang baru. Tapi sebelumnya saya sudah membuat beberapa langkah kerja dibawah ini supaya lebih terarah dan semoga faham apa yang saya share ini kepada Sobat sekalian


Daftar isi:


Langsung saja kita masuk ke langkah kerja nya ya Sobat. Harap berhati-hati dan cermat saat masuk langkah ini karena mengandung unsur script pengkodean.


1. Buka dashboard Blogger

2. pilih ‘tema’

3. pilih tanda titik tiga lalu pilih ‘edit HTML’ punya saya disini menggunakan blogger versi terbaru jika punya Sobat menggunakan versi yang lama maka cari ‘edit HTML’

Catatan: untuk berjaga-jaga sebaiknya backup terlebih dahulu tampilan yang lama dengan memilih ‘cadangkan’

4. nah setelah itu akan kebuka tampilan editor script htmlnya setelah itu Sobat drag semua dengan cara pencet ctrl+a lalu pencet delete

5. setelah itu copas kode di bawah ini
<html>
<head>
<b:skin/>
</head>
<body><b:section id='reset'/>
</body>
</html>



6. Lalu pilih ‘save’

7. Kembali ke dahboard blogger

8. Cobalah untuk membuka alamat url blog Sobat, Sampai disini tampilan blog seharusnya sudah tereset dengan ditandai tampilannya blank.

Apa yang dilakukan setelah berhasil mereset?


Jika Sobat sudah memiliki tema yang baru silahkan saja untuk dipasang, cara nya pilih ‘tema’ lalu pilih ‘pulihkan’ terus upload dari direktori komputer Sobat, pada postingan sebelumnya juga sudah dibahas mengenai cara mengganti tema pada Blogger. Ataupun jika belum memiliki tema yang baru bisa kok menggungakan tema bawaan dari Blogger sendiri.


Baca juga: penyedia tema untuk Blogger


Kesimpulan


Jadi, jika sudah pernah melakukan custom pada tema di Blogger tetapi kebetulan tema tersebut tidak cocok atau kurang pas sebaiknya saat akan mengganti temanya lagi Sobat melakukan reset tampilan terlebih dahulu supaya layout bawaan tema lama tidak menempel pada tema yang baru dan membuat blog menjadi berat saat dimuat atau buruk kemungkinan tampilannya menjadi pecah berantakan.


Begitu temen-temen cara mereset tampilan di Blogger dan cerita kenapa harus melakukan reset pada tampilan blogger, apabila ada yang ingin ditanyakan atau punya cara lain yang lebih simpel dan dan cepat boleh menuliskannya di kolom komentar. Jika ada salah kata mohon dimaafkan semoga bermanfaat selamat mencoba. Terimakasih

Load comments