Delete `CR` eslint (prettier/prettier) Error : Visual Studio Code

Delete `CR` eslint (prettier/prettier) Error : Visual Studio Code

Halo temen-temen, apa kabar? semoga semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi error Delete `␍`eslint (prettier/prettier).

 


Untuk mengatasi error "Delete `␍`eslint (prettier/prettier)", buka file .eslintrc.js Anda .eslintrc.json kemudian setel endOfLine properti ke auto dalam rules. 

 


 

Saat properti disetel ke auto, ujung baris yang ada dipertahankan.

 

Merubah setting di bagian file eslint


Langsung saja kita masuk ke cara mengatasinya. Buka file .eslintrc.js atau .eslintrc.json Anda dan setel properti endOfLine properti ke auto.


.eslintrc.js

module.exports = {
  rules: {
    "prettier/prettier": [
      "error",
      { endOfLine: "auto" }
    ],
  },
};


Biasanya setiap config .eslintr.js sudah memiliki bawaan rules, jika belum ada maka tambahkan semua attribut di atas, namun jika sudah ada atribut rules cukup tambahkan properti dari "prettier/prettier".


Contoh kode di atas mengasumsikan bahwa Anda menggunakan file .eslintrc.js. Jika Anda menggunakan file .eslintrc.json, konfigurasinya serupa.


.eslintrc.json

{
  "rules": {
    "prettier/prettier": [
      "error",
      { "endOfLine": "auto" }
    ]
  }
}


Jika error masih terlihat setelah melakukan perubahan, silahkan untuk merestart editor kode Anda.

 

Set endOfLine ke auto di file .prettierrc.js


Jika masalah berlanjut, atur endOfLine ke otomatis di file .prettierrc atau .prettierrc.js Anda.


.prettierrc.js

module.exports = {
  endOfLine: 'auto',
};


Jika Anda menggunakan file .prettierrc atau .prettierrc.json, pastikan untuk menggunakan double quote untuk key dan property dari settingannya.


.prettierrc

module.exports = {
  "endOfLine": "auto",
};


Properti endOfLine menentukan karakter akhiran baris. Dua opsi tersebut adalah n (atau LF - line feed) dan rn (atau CRLF - carriage return + line feed). LF digunakan pada macOS dan Linux sedangkan CRLF digunakan pada Windows.


Secara default, properti endOfLine diatur ke lf (macOS dan Linux). Jika kita ngoding dengan orang yang mungkin saja beda platform OS dengan kita, beberapa file mungkin memiliki akhiran baris campuran.

 

Kita mengatur properti ke otomatis tujuannya untuk mempertahankan akhiran baris file yang ada. Menurut dokumentasi dari Prettier, nilai yang mungkin untuk properti endOfLine adalah:

  • lf - Line Feed (\n). Digunakan di macOS dan Linux.
  • crlf - Carriage Return + Line Feed (\r\n). Digunakan pada Windows.
  • cr - Carriage Return (\r). Hampir jarang digunakan.
  • auto - Mempertahankan akhiran baris yang ada. Menormalkan file dengan akhiran baris campuran dengan melihat apa yang digunakan setelah baris pertama.


Jika Anda masih mendapatkan error, coba jalankan perintah npm run lint dengan flag --fix jika Anda memiliki skrip lint di file package.json.

 

# NPM
npm run lint -- --fix

# YARN
yarn run lint -- --fix


Jika menjalankan perintah di atas, akan dilakukan pengecekan menyeluruh pada kodingan kita dan otomatis membenahi setting yang tidak sesuai, berdasarkan rules yang sudah kita atur di bagian config eslint.


Menggati Setting End of Line Sequence VSCode


Jika Sobat menggunakan teks editor VSCode bisa melakukan settingan berikut. klik tombol "Select End of Line Sequence" pada status bar di bagian bawah lalu atur menjadi LF.


Mungkin itu temen-temen cara mengatasi error pada eslint Delete `CR` (prettier/prettier) semoga dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Sobat alamai. Jika artikel ini menarik silahkan untuk membagikan ke teman yang lainnya, terima kasih apabila ada salah kata mohon dimaafkan.


Referensi:

  • https://bobbyhadz.com/blog/eslint-delete-cr-prettier
  • https://prettier.io/docs/en/options.html#end-of-line
Load comments