Install Neofetch di Debian Cara Melihat Informasi Sistem Melalui Terminal Linux

Install Neofetch di Debian Cara Melihat Informasi Sistem Melalui Terminal Linux

tampilan neofetch di Debian 10


Halo Sobat Teknisi, paad kesempatan kali ini akan dibahas lagi mengenai Linux khususnya Debian yang baru-baru ini meluncurkan update terbarunya Debian 10 Buster.

 

Neofetch merupakan aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman bash mampu menampilkan informasi perangkat PC di terminal Linux. Detail aplikasinya sebagai berikut:

  • Pada sisi sebelah kanan menampilkan informasi tentang perangkat PC Sobat
  • Pada sisi sebelah kirinya menampilkan logo dari OS yang dijalankan dengan format ASCII. Bisa juga logo yang ditampilkan itu adalah foto yang kita kustom sendiri, sangat menyesuaikan keinginan kita memang.

 

Yang menarik dari neofetch, mampu berjalan di semua sistem operasi yang dapat menjalankan Bash. Bisa jadi itu Linux, MacOS, BSD, Solaris, bahkan Windows 10.

 

Berikut ini adalah langkah instalasi neofetch dengan memanfaatkan repository Debian


 

1.  Menambahkan repository Debian pada sources.list 


nano /etc/apt/sources.list

Apabila pada langkah ini sudah pernah dilakukan boleh langsung di skip saja. Untuk sources.list tergantung kesukaan ya, bisa menggunakan repo lokal Indo atau yang internasional. Namun terkadang kalu memakai yang lokal misal kambing.ui terkadang muncul error. Jika membutuhkan repository cadangan bisa menambah seperti yang di bawah ini.

deb http://deb.debian.org/debian buster main
deb-src http://deb.debian.org/debian buster main

deb http://deb.debian.org/debian-security/ buster/updates main
deb-src http://deb.debian.org/debian-security/ buster/updates main

deb http://deb.debian.org/debian buster-updates main
deb-src http://deb.debian.org/debian buster-updates main


2. Update package setelah itu diikuti dengan menginstal paket neofetch

apt update
apt install neofetch

 

Setelah selesai menambahkan alamat repo pada langkah pertama tadi waktunya mengupdate package, hal ini bertujuan untuk menambahkan daftar aplikasi yang dapat dipanggil untuk di instal nantinya. Pada langkah kedua ini membutuhkan koneksi internet ya Sobat.

 

Langkah eksekusi penginstalan paket neofetch apt install neofetch proses berjalan secara otomatis dan tidak memerlukan konfig apapun.



3. Menajalankan neofetch

 

neofetch


Karena neofetch dikembangkan menggunakan bahasa bash maka untuk menajalankannya buka terminal kesayangan Sobat terlebih dahulu, cukup dengan memanggil neofetch dalam terminal lalu tekan enter.

 

Begitu temen-temen  pembahasan mengenai "Install Neofetch di Debian Cara Melihat Informasi Sistem Melalui Terminal Linux" semoga dapat menambah wawasan kita semua, apabila masih memiliki kendala bisa berdiskusi pada kolom komentar bawah ini. Oya temen-temen, apabila artikel yang ada pada blog teknisiserbabisa.com ini menarik boleh kiranya menshare postingan ini ke temen yang lainnya supaya mereka juga memiliki referensi dalam mengupgrade ilmu, berbagi itu indah ya temen-temen. Terimakasih, wassalam

Load comments