Mencegah Akses Langsung ke Folder Project Web Menggunakan .htaccess

Mencegah Akses Langsung ke Folder Project Web Menggunakan .htaccess

Halo teman-teman, apa kabar semoga semua dalam keadaan baik-baik saja. Sekian purnama tidak melakukan update tulisan pada blog kita tercinta ini. Pada kesempatan ini akan saya sampaikan mengenai cara mencegah akses ke folder pada project web kita. Folder tersebut bisa folder apapun pada project web yang kita buat, namun pada tulisan ini sebagai contoh adalah folder assets yang biasanya di dalam folder tersebut berisi gambar, style sheet atau css, dan file javascript pada website kita.

Kita hanya perlu membuat file baru pada folder yang ingin kita cegah aksesnya. buatlah file bernama ".htaccess" tanpa tanda petik dua ya teman-teman. lalu setelah itu ketikkan kode berikut pada file .htaccess yang telah kita buat tadi.

 

Options -Indexes

 

Save dan silahkan coba buka folder project web di browser. Maka hasilnya folder assets yang tadinya bisa dibuka dan dilihat isi file/folder nya sekarang terdapat tulisan Forbidden Accsess atau akses ditolak.

Untuk lebih jelasnya bisa teman-teman buka tautan video youtube di bawah ini.

Terima kasih telah membaca artikel di website ini, semoga bermanfaat dan juga share postingan ini ke teman yang lainnya juga.

Load comments