Cara Mengatasi Database Error Occurred Error Number 1231 Framework Codeigniter 000webhost

Cara Mengatasi Database Error Occurred Error Number 1231 Framework Codeigniter 000webhost

Database Error Occurred Error Number 1231 CI 000webhost

Halo Sobat Teknisi apa kabar nih? Semoga semua dalam kondisi baik-baik saja yaa... Selamat datang kembali semoga setelah berkunjung dari blog ini permasalahan dapat terselesaikan serta dapat menambah wawasan kita semua.

 

Kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang masalah database terutama yang menggunakan framework Codeigniter yang menghosting di 000webhost.

 

Sedikit informasi mengenai 000webhost, situs tersebut menyediakan space hosting yang dapat kita gunakan sebagai bahan uji coba aplikasi atau mau belajar koding khususnya dalam ranah web. di 000webhost kita akan disediakan:

  • 1 website
  • 300Mb space hardisk
  • 1 akun ftp
  • 1 database MySQL

Jika Sobat tertarik untuk meminangnya info lebih lengkapnya bisa dilihat di halaman web nya langsung https://id.000webhost.com/ 

 

Baik kembali ke pokok permasalahan jika sobat menemui permasalahan seperti pada gambar pembuka dari artikel seperti di bawah ini.


A Database Error Occurred 

Error Number: 1231

Variable 'sql_mode' can't be set to the value of 'REPLACE(REPLACE(REPLACE(REPLACE(REPLACE(REPLACE( @@sql_mode'


Jika benar begitu, maka Sobat harus melakukan beberapa step di bawah ini

 

1. Buka folder application CI milik Sobat

 

2. Pilih folder config

 

3. Pilih database.php

 

4. Scroll ke bawah hingga pada array config db cari 'stricton' secara default disitu tertulis FALSE maka ubah menjadi TRUE

 'encrypt' => FALSE,
'compress' => FALSE,
'stricton' => TRUE,
'failover' => array(),
'save_queries' => TRUE

 

Sebenarnya apa itu 'stricton' pada config database Codeigniter???


Menurut dokumentasi dari Codeigniter sendiri stricton bisa di isi TRUE / FALSE (boolean). Apakah akan memaksa koneksi "Strict Mode", bagus untuk memastikan SQL yang ketat saat mengembangkan aplikasi.


Hal ini juga tergantung dengan hosting yang kita gunakan yaa, jika menggunakan settingan default tidak mengatasi masalah yasudah dilanjutkan saja tidak perlu menggantinya menjadi true. Terkhusus Sobat menggunakan VPS dan database servernya menggunakan SQL Sobat bisa mengotak-atik dengan mendisable mode strick ini.


MySQL merupakan RDBMS di belakang banyak situs web teratas di dunia yang juga memiliki banyak aplikasi berbasis web yang dihadapi oleh perusahaan dan konsumen, termasuk juga Twitter, Youtube dan Facebook.


Pada pembaruan MySQL versi 5.7 ada Strict SQL Mode yang aktif secara default. Yang menyebabkan ada query yang tidak kompatibel.

 

Strict mode memiliki fungsi untuk mengontrol kesalahan yang terjadi pada perubahan seperti insert, update, atau create label. Dengan adanya banyak kesalahan yang terjadi maka ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya kesalahan tersebut seperti tipe data pada kolom yang salah atau keluar dari range. Berbagai kesalahan dari MySQL Strict Mode tersebut tentu sangat menganggu kerja para developer karena tidak ada pesan eror yang muncul. Dengan kejadian inilah fungsi sistem jadi tidak baik.


Begitu temen-temen cara mengatasi masalah database error strict mode pada Codeigniter dan sedikit mengulas mengenai strict mode pada SQL. Jika artikel ini menarik silahkan dibagikan ke teman yang lain atau jika ingin didiskusikan silahkan sudah disediakan pada kolom komentar, wassalam.


Refetensi:

  • Dokumentasi MySQL, https://dev.mysql.com/doc/refman/5.7/en/sql-mode.html
  • Tutorial disable MySQL strict mode, https://idwebhost.com/blog/tutorial-disable-mysql-strict-mode/
  • Cara mematikan strict SQL mode, https://servernesia.com/2575/mematikan-strict-sql-mode-mysql/
Load comments