Mengoneksikan Layar ke Proyektor dan Penjelasan Mode Layar

Mengoneksikan Layar ke Proyektor dan Penjelasan Mode Layar

Halo Sobat Teknisi, kali ini akan dibahas mengenai menampilkan layar monitor ke proyektor. Proyektor adalah alat yang digunkan untuk memancarkan tampilan layar pada loptop atau PC.

Pada beberapa leptop mungkin sudah dibekali dengan colokan VGA, colokan inilah yang nantinya akan digunakan untuk memancarkan layar ke proyektor ataupun monitor pada PC.

Ada beberapa mode jika kita mengoneksikan leptop ke proyektor tersebut, misalnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Saya akan mencoba membahas satu persatu sesuai dengan kemampuan saya:
  1. Disconnect Projector. Mode ini digunakan ketika kabel sudah terpasang pada leptop dan proyektor dalam kondisi online (kedua menancap) dan kita ingin menyudahi sesi penampilannya. Sebenarnya kita bisa saja langsung mencabut kabelnya tapi dengan pertimbangan ketika nanti ingin menggunakannya lagi kita bisa tanpa harus mencopat copot kabel yang sudah terpasang, kita bisa memilih mode Disconnect Projector untuk menyudahi sesinya.
  2. Duplicate. duplicate dalam bahasa Indonesia berarti salinan atau turunan. Jadi proyektor yang kita pasangkan tampilannya sama persis dengan apa yang ditampilkan pada layar lcd leptop. Mode ini tidak aman ketika kita melakukan permainan kuis terhadap peserta dan jawabannya akan terlihat jelas oleh peserta.
  3. Extend. dalam bahasa Indonesia berarti memperluas. Jadi jika kita mengoneksikan ke proyektor dengan mode ini maka proyektor seakan-akan menjadi layar kedua dari leptop kita. Tampilan resolusi layar pada leptop kita akan bertambah semakin lebar karena mempunyai dua output device yang dijadikan satu.
  4. Projector only. Pada mode ini layar lcd leptop akan mati dan dialihkan ke layar proyektor yang aktif. Jadi semua tampilan akan dialihkan menuju proyektor.

Cara Memasuki Mode Pryektor di atas Bagaimana?

Untuk dapat menampilkannya ada dua caranya yaitu:

1. Dengan memencet kombinasi tombol Windows + P. nantinya akan memunculkan jendela baru lalu Sobat bisa memilih mode mana yang akan digunakan. Cara memilihnya gunakan tombol panah lalu teken enter.

2. Masuk melalui Control Panel
  • Pilih Appearance and Personalization
  • Pilih Display
  • Pilih Connect to a projector
proyektor

Begitu temen-temen artikel mengenai "Mengoneksikan Layar ke Proyektor dan Penjelasan Mode Layar" semoga dapat menambah wawasan, wassalam.
Load comments