Penting, Sebelum Instal Ulang OS Pastikan Mengetahui Tipe Hardisk, Cara Cek Tipe Hardisk MBR atau GPT Windows

Penting, Sebelum Instal Ulang OS Pastikan Mengetahui Tipe Hardisk, Cara Cek Tipe Hardisk MBR atau GPT Windows

Halo Sobat Teknisi, Terimakasih telah mau mampir dan membaca artikel blog ini, semoga dapat membantu masalah yang sedang dihadapi. Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman ketika waktu hendak menginstal ulang sebuah PC, tanpa mencari tahu terlebih dahulu tipe dari hardisknya.

Saya lulusan SMK jurusan TKJ, waktu itu ada tawaran dari temen suruh instal ulangin leptopnya, merk Dell tipenya apa lupa saya.Saya menggunakan MultiBoot menggunakan type MBR. Semua berjalan seperti biasa sampai pada akhirnya format disk C eh ternyata setelah nentuin ukuran partisi hardisknya malah muncul notif jika tipe hardisknya GPT. Karena waktu itu masih newbie tegang deh terus muncul keringat dingin, setelah itu saya matiin laptopnya lalu membuat bootable lagi menggunakan rufus tapi pake format GPT.

Dari pengalaman saya di atas, perlu dicek terlebih dahulu tipe hardisk dari PC atau laptop yang akan di instal ulang. Supaya tidak menambah pekerjaan nantinya. Jika kondisi PC dalam kondisi sehat bisa menyala sebelum di instal kita bisa cek nya lewat bios. Kalau masih tidak memungkinkan lagi alias PC dalam kondisi tidak bisa booting langsung saja eksekusi menggunakan tipe MBR. Jika nantinya tidak mau di instal kita bisa membuat bootablenya lagi dengan rufus.


Cara Cek Tipe Hardisk MBR atau GPT


Cara melihatnya tidak memerlukan tools apapun, menggunakan aplikasi bawaan dari Windows namanya "Disk Manager". Di Disk Manager sebenarnya kita juga bisa menambah atau mengurangi partisi hardisk tapi itu tidak kita bahas di sini mungkin lain kesempatan akan saya buatkan artikel khusus yang membahas mengenai itu.

Langsung saja untuk melihat tipe hardisk bisa melakukan langkah di bawah ini:

1. Bagi pengguna Windows 7, Klik Start >> Computer >> klik kanan pilih "Manage"

Bagi pengguna Windows 7, Klik Start >> Computer >> klik kanan pilih "Manage"

Bagi pengguna Windows 10, Caranya lebih simpel klik kanan pada logo Windows, lalu pilih "Disk Management". Lalu akan muncul label Hardisk yang terpasang, jika Sobat pengguna Windows 10 langsung saja Skip ke langkah 3

klik kanan pada logo Windows, lalu pilih "Disk Management"

2. Pilih "Disk Management"


3. Dekatkan kursor pada Hardisk yang akan dicheck, lalu klik kanan, Jika disitu tertulis "Convert to GPT Disk" maka format hardisknya adalah MBR. Begitu pula sebaliknya, Jika tertulis "Convert to MBR Disk" maka format hardisknya adalah GPT

Dekatkan kursor pada Hardisk yang akan dicheck, lalu klik kanan,

4. Jika masih kurang yakin, bisa Sobat pilih "Properties", lalu arahkan pada tab "Volumes". Kurang lebihnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

pilih "Properties", lalu arahkan pada tab "Volumes"

Penutup


Begitu temen-temen cerita mengenai pengalaman saya waktu instal ulang, semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua, terimakasih karena telah membaca curhatan saya semoga bermanfaat
Load comments