Membuka Dokumen di Linux Manjaro Menggunakan WPS Office

Membuka Dokumen di Linux Manjaro Menggunakan WPS Office


Halo temen-temen, bagaimana kabarnya? semoga semua dalam keadaan baik-baik saja ya. Pada kesempatan ini akan dibagikan tentang cara membuka dokumen office di Linux Manajaro, aplikasi yang dipakai adalah WPS Office.


Jika pada sistem operasi windows sangat populer dengan Microsoft Office, tapi pada Linux khususnya Manjaro saya lebih tertarik menggunakan WPS Office kalau hanya untuk kebutuhan Word, Excel, dan Power Point.

 

Kelemahan jika menggunakan WPS di Linux Manjaro adalah hanya terdapat tiga produk yang bisa digunakan. Berikut daftar nama produk Microsoft Office dengan WPS Office,


MS. Office WPS Office Fungsi
MS. Office Word WPS Writer Mengolah kata
MS. Office Excel WPS Spreadsheets Mengolah angka
MS. Office Power Point WPS Presentation Mengolah presentasi


Kalau menginginkan yang lebih lengkap bisa menggunakan Libre Office, Libre Office menyediakan paket apliaksi yang sama fungsinya seperti produk Microsoft Office.


Instalasi WPS Office


Proses ini membutuhkan koneksi internet,


1. Masuk ke terminal, dan lakukan update repository


sudo pacman -Syu


2. Diperlukan menginstall yay terlebih dahulu, paketnya ada di add/remove software. Atau bisa mengunjungi link berikut https://tutorialforlinux.com/2019/09/05/how-to-install-yay-on-manjaro-gnu-linux/.


3. Masukkan perintah berikut pada terminal

 

yay -Sy wps-office


Jika proses instalasi sudah selesai, Sobat bisa memanggil WPS lewat terminal dengan perintah berikut.


wps-office


Begitu temen-temen, cara membuka dokumen di Linux Manjaro, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share halaman ini.


Terima kasih.


Link terkait : 

Load comments