Mengatasi Lampu Indikator Orange Berkedip 3x Paper Jamed Printer Canon IP2770

Mengatasi Lampu Indikator Orange Berkedip 3x Paper Jamed Printer Canon IP2770

 

Halo Sobat Teknisi, apakabar? semoga semua dalam kondisi yang baik-baik saja. Dalam artikel ini akan diabhas mengenai mengatasi printer canon yang lampu indikator orange nya berkedip 3kali dan selain itu terdapat notifikasi paper jamed.


Printer Canon IP2770 sangat laris dipasaran, meskipun terbilang printer yang tidak mudah rewel, jika terjadi kesalahan dalam penggunaan dapat menyebabkan kerusakan pada printer. Biasanya kalau terdapat suatu permasalahan pada lampu indikator akan menyala orange.


Namun, pada artikel ini yang akan dibahas lampu indikator orange yang berkedip 3kali dan kemunculan notifikasi paper jamed.



Cara Mengatasi Lampu Indikator Orange Berkedip 3x

 

Langkah-langkah di bawah ini harus dilakukan secara berurutan, untuk menemukan dimana letak permasalahan. 


1. Bersihkan Semua Kertas yang Tersangkut


Karena ini pada dasarnya merupakan indikator lanjut dari kertas nyangkut pada body printer. Coba di ingat pada penggunaan terakhir mengalami permasalahan tersebut atau tidak, jika iya maka segera bongkar penutup print dan segera ambil kertas yang menyangkut.


2. Lakukan Instal Ulang Printer Canon IP2770


Siapa tau kendalanya ada di driver, Sobat bisa download drivernya melalui web resmi nya canon dibawah ini:


 

3. Opsi Terakhir, Penggantian PE Sensor Printer Canon IP2770 Series


Kegunaan dari PE Sensor atau sensor ASF yaitu untuk mengatur dinamo mekanik penggerak kertas pada printer, selain itu juga berguna untuk mengatasi printer yang mengalami Paper Jam.



Kode Error Printer Canon IP2770

 

  • Canon Blink 3 kali dan lampu hijau nyala terus maka umumnya kerusakan terletak pada mekanik.
  • Canon Blink 4 kali dan lampu hijau nyala terus. Ini biasanya kerusakan pada perintah software sehingga menyatakan full “The ink absorber full. Contact the service centre.” Untuk solusinya adalah Sobat cukup tekan tombol resume sampai terdengar bunyi mesin printer gludak-gluduk dan lepaskan tombol resume tersebut. Umumnya setelah melakukan proses ini maka printer Canon akan normal kembali.
  • Canon Blink 5 kali disertai lampu hijau nyala terus. Hal ini kerusakan pada catridge hitam atau catridge warna. Kerusakan disini bukan berarti catridge harus diganti. Karena bisa jadi hanya kotor saja di bagian belakang catridge. Sebelum Sobat menggantinya, coba bersihkan dulu menggunakan kertas tissu. Namun jika ternyata setelah dibersihkan masih tetap blink, maka solusi terakhirnya adalah Sobat harus mengganti catridge dengan yang baru.
  • Canon Blink 7 kali dan lampu hijau nyala terus. Kasus ini umumnya hanya terjadi pada printer Canon tipe iP1980 saja. Dengan begitu jarang sekali terjadi pada printer Canon iP2770. Kasus blink 7 kali juga masalahnya terletak pada catridge.
  • Canon Blink 8 kali dan lampu hijau nyala terus. Ini artinya ink tank penuh (full). Tentu saja solusi tepatnya adalah dengan software resetter Canon khusus untuk tipe iP2770; 
  • Canon Blink 14 kali atau 15 kali serta lampu hijau nyala terus. Hal ini sangat mudah diketahui yaitu masalahnya ada di catridge dan Sobat harus menggantinya dengan catridge yang baru.


Referensi

  • https://www.blogji.name/2018/12/cara-memperbaiki-sensor-kertas-canon-ip2770.html
  • http://tokoprinter.net/sensor-asf-canon-ip2770-detail-156666.html
Load comments