Rekomendasi Audio Player Ringan Namun Kualitas Suara Powerfull

Rekomendasi Audio Player Ringan Namun Kualitas Suara Powerfull

Halo Sobat Teknisi, bagaimana kabarnya? Semoga semua baik-baik saja dalam kondisi masa pandemi transisi, selalu jaga kesehatan dengan menggunakan masker saat keluar rumah dan lakukan social distancing (jaga jarak aman) dengan orang sekitar.

 

Puji syukur alhamdulillah, karena disela kepadatan tugas kuliah masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan satu artikel baru yang saat ini Sobat Teknisi baca. Pada kesempatan yang indah ini akan membahas mengenai "Audio Player" basic nya sih bagi pengguna Windows.

 

Musik tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, bahkan bisa dibilang sangat butuh. Alasannya beragam, mulai dari sarana penghibur disaat penat bekerja, hingga sebagai ajang industri karena perkembangan musik di Indonesia semakin populer sebagai contohnya saat perilisan lagu "VIA VALLEN - MERAIH BINTANG - OFFICIAL THEME SONG ASIAN GAMES 2018 (Official Music Video)" di channel YouTube yang menggemparkan dunia dan melambungkan nama Indonesia.


Dari sekian banyak pemutar audio untuk Windows misalnya Winamp, AMPlayer ada salah satu software yang sangat menarik yaitu Foobar2000. Ikon dari Foobar seperti UFO "white alien cat" yang membuatnya semakin menarik selain dari ikon yaitu software ini ringan saat dijalankan.


Foobar2000 atau fb2k merupakan aplikasi pemutar audio yang bersifat freeware dan dapat didukung di beberapa media platform seperti Microsoft Windows, iOS, dan Android. Selain ringan, desainnya pun juga sangat modular (standar atau menurut pendapat saya tidak ribet), serta pengguna dapat mengkonfigurasi software sesuai dengan keinginan dikarenakan juga di dalam forumnya yang luas.


foobar2000 fb2k v.16


Misalnya, pengguna dapat mengatur tampilan "skin" atau tema yang sepenuhnya dapat disesuakan. Kita juga bisa melakukan kustomisasi di bagian visualisator seperti bentuk gelombang, osiloskop, spektrum, spektogram (air terjun), VU meter. Jika Sobat mengikuti forum dari fb2k ini akan mendapatkan banyak plugin yang bisa kita aplikasikan pada software fb2k yang sudah kita instal sendiri, kebanyakan dari mereka membagikan plugin tersebut secara gratis.


Pada artikel ini kita tidak membahas pada tampilan dari foobar melainkan akan melakukan sedikit kustomisasi di bagain audionya. Setelah melakukan beberapa percobaan akhirnya menemukan setelan yang pas dengan memanfaatkan beberapa plugin di bawah ini:

  • Input dts
  • Dolby Headphone Wrapper
  • VST PlugIn Technology
  • ReLife (komponen VST plugin)
  • Settingan Equalizer


Saran: setelah diDownload semua komponen dari artikel ini masukkan semua file nya ke direktori instalasi fooabar. Untuk berjaga-jaga supaya nanti tidak terhapus saat bersihin file lain.


Input DTS

Digital Theater Systems adalah format multisaluran yang dikembangkang dan dipasarkan oleh Digital Theater Systems nama resminya DTS Coherent Accoustics. http://wiki.hydrogenaud.io/index.php?title=DTS 


Komponen pertama yang harus di download Input DTS, klik link di bawah ini

 

Download


Langkah instalasinya:

1. Masuk ke Foobar, pilih File lalu pilih Preferences (ctrl+p)

2. Pilih Component

3. Pilih Install setelah itu cari direktori menyimpan komponen

4. Pilih Open

5. Pilih Ok atau jika ingin menambahkan yang lain pilih Apply

6. Foobar akan merestart program


instalasi component


Dolby Headphone Wrapper

Membungkus fungsionalitas mesin Dolby Headphone DLL. Namun dalam plugin ini dolbyhph.dll tidak disertakan. Jadi kita harus mendownloadnya secara manual


Setelah terdownload masukkan ke direktori instalasi foobar2000 di dalam folder component. tidak usah di ekstrak filenya letakkan dalam bentuk zip. lihat gambar di atas.


Download Dolby Headphone Wrapper

 

Kita tidak akan menginstall dolbyhph.dll di komputer kita nantinya akan kita panggil di plugin, cukup download dan letakkan file tersebut ke dalam direktori component instalasi foobar2000.

 

Download dolbyhph.dll

 

Langkah instalasi:

1. Masuk ke Component

2. Install Dolby Headphone Wrapper arahkan ke file zip

3. Pilih Apply karena kita tidak ingin tampilan preferences tertutup

4. Pilih Playback dan pilih DSP Manager

5. Pada kolom Available DSPs klik tanda "+" pada Dolby Headphone

6. Setelah Dolby Headphone berada di kolom Active DSPs, setelah itu klik tanda titik tiga di Dolby Headphone "..." gunanya untuk melakukan konfigurasi

7. Pada bagian DOLBYHPH.DLL, kita pilih titik tiga "..." untuk mencari lokasi file dolbyhph.dll yang sudah kita download tadi

8. Jika sudah tambahkan Checklist  pada Remember path relatively to foobar2000 installation folder

9. pilih Ok

 

konfigurasi dolby headphone dan add dolbyhph.dll

 

VST PlugIn Technology

Adalah komponen yang bertujuan untuk memungkinkan pengguna Foobar2000 menggunakan plug-in VST 2.4 sama dengan yang "asli". Ribuan plug-in DSP freeware dan komersial tersedia dalam format ini. https://wiki.hydrogenaud.io/index.php?title=Foobar2000:Components/VST_adapter


Sama seperti Dolby Headphone komponen ini hanyalah wadah yang nantinya bisa kita kustom lebih dalam lagi, untuk mendapatkannya Sobat bisa klik link di bawah.


Download VST PlugIn Technology


Langkah instalasinya: 

1. Masuk ke Component

2. Pilih Install lalu arahkan ke direktori penyimpanan filenya

3. Pilih file zip VSTplugin

4. pilih Ok

5. Foobar akan merestart program


ReLife (Komponen VST Plug-in)

ReLife menghidupkan kembali audiofile yang berat terpotong untuk memulihkan transien dan puncak yang hilang.


Download ReLife

 

Langkah instalasi:  

1. Masuk ke Component

 2. Pilih VST plug-in 

3. Pilih Add lalu arahkan ke direktori menyimpan file

4. Pilih ReLife

5. Pilih Ok untuk selesai

add ReLife

Settingan Equalizer

Silahkan klik link dibawah ini untuk mendapatkan beberapa koleksi dari equalizer untuk foobar2000, rekomendasi menggunakan yang bernama goodtest.feq

 

Download

 

Setelah semua komponen di download, langkah terakhir mengurutkan DSPs yang aktif berikut ini adalah gambar susunanya.


urutan DSPs

Begitu temen-temen untuk mendapatkan sensasi baru dalam mendengarkan musik. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada temen yang lainnya.

Load comments